Info Seputar

Ma'had MataQu

Ilustrasi Notice
Seputar MataQu

Surat Edaran : 131/S.Ed/MTQMTQ/II/2022

MENYIKAPI KEJADIAN KEBAKARAN DI PESANTREN PUTRA MATAQU DAN PENANGANANNYA

 

Bismillaahirrahmaanirrahiim. Assalamu'alaikum Wr Wb.

Sehubungan dengan telah terjadi musibah kebakaran ruang gudang dan ruang Bimbel/Perpustakaan di Pesantren Putra hari Rabu tanggal 16 Februari 2022, maka dengan ini kami sampaikan informasi sebagai berikut :

  1. Betul bahwa telah terjadi musibah kebakaran yang terjadi di ruang gudang dan ruang bimbel/perpustakaan di Pesantren Putra pada dini hari pukul 00.15 wib, dimana api telah meluluhlantakan kedua bangunan tersebut serta melahap dan menghanguskan seluruh barang-barang di gudang (cadangan ranjang, cadangan kasur, peralatan eskul karate dan pencak silat, peralatan Hadroh dan Marawis) serta buku pelajaran, Al Qur’an, dan peralatan KBM yang ada di ruangan bimbel/perpustakaan tersebut. Adapun penyebab kebakaran api belum bisa diketahui dan masih dalam penyelidikan. Akan tetapi, Alhamdulillah, api kebakaran secepatnya dapat di padamkan oleh pihak Asaatidz, santri, dan sekuriti pesantren serta Tim pemadam kebakaran (Damkar) yang berhasil tiba di lokasi kebakaran.
  2. Sesuai data yang dihimpun, Alhamdulillah pada kejadian ini tidak terdapat korban jiwa, baik dari pihak santri maupun karyawan Mataqu. Adapun kerugian materiil yang diderita pesantren ditaksir mencapai + Rp. 500.000.000.
  3. Menghimbau kepada para Wali Santri untuk tetap tenang bahwa Alhamdulillah semua santri dalam keadaan aman untuk belajar dan beraktivitas seperti biasa.
  4. Menyampaikan bahwa paska kebakaran, kegiatan KBM santri Pesantren Putra tetap berjalan normal seperti biasa dikarenakan semua ruangan lain, baik ruangan KBM maupun ruangan asrama aman dari api kebakaran.
  5. Sehubungan dengan perlunya waktu dalam proses perbaikan ruang gudang dan ruangan bimbel/perpustakaan serta perlunya pengadaan alat-alat eskul Hadroh, marawis dan peralatan beladiri yang baru, dimana memerlukan waktu yang tidak sebentar, maka dengan ini, Pihak Pesantren menyampaikan permohonan maaf jika pada pelayanan Bimbel dan Eskul ada ketidaknyamanan. Kami meminta doa dan dukungan dari seluruh orangtua/wali santri agar ruang gudang dan ruang bimbel/perpustakaan ini secepatnya kembali dapat digunakan dan pengadaan alat-alat eskul hadroh/marawis dan peralatan beladiri dapat secepatnya diwujudkan kembali .
  6. Sesuai dengan hasil Musyawarah Pimpinan Pesantren hari Kamis tanggal 16 Februari 2022, maka dengan ini Pihak Pesantren mengkategorikan kejadian kebakaran ini sebagai musibah bencana/Force Majeur dimana kejadiannya tidak terduga dan diluar keinginan semua pihak. Oleh karena itu, uluran tangan dan bantuan donasi dari Muhsinin dan Muhsinat demi perbaikan segera ruang gudang, ruang bimbel/perpustakaan serta pengadaan alat-alat eskul yang terbakar ini sangat kami apresiasi. Semoga bantuan dan donasi dari Bapak/Ibu mendapat balasan yang
    berlipat dari Allah Swt.
  7. Bantuan Donasi dapat disalurkan melalui Rekening:
    Bank Syariah Indonesia (BSI)
    No.Rek: 3000204004
    a/n. DKM Abu Bakar Ash Shiddiq
    Konfirmasi bukti transfer ke : 0811-772-750 (Pak Hery R.S)
  8. Sebagai pengalaman dan pembelajaran agar kejadian kebakaran serupa tidak terjadi lagi dimasa yang akan datang, maka Manajemen Pesantren memutuskan aturan baru terkait santri sebagai berikut:
    1. Seluruh santri putra maupun putri mulai hari ini terlarang untuk membawa barang-barang berikut ini:
      1. Barang-barang sumber api dan mudah terbakar, misal; Korek api, Korek api gas, lilin, parafin, petasan, dll
      2. Barang-barang (elektronik maupun non elektronik) yang berpotensi sebagai sumber ledakan, misal; kaleng gas kompor portable, dll
        Apabila santri melanggar, maka barang akan disita dan tidak dikembalikan serta santri akan mendapat sanksi tegas.
    2. Mematikan sumber colokan listrik di seluruh asrama dan meniadakan peralatan yang membutuhkan listrik di dalam kamar, misal; Dispenser, kipas angin, dll. Hal ini dilakukan agar menghindari korslet listrik yang bisa memicu api kebakaran. Terkait kebijakan Dispenser, maka seluruh Dispenser tidak boleh ada lagi berada di dalam kamar asrama dan akan ditempatkan di luar asrama pada titik-titik sentral bersama yang akan diatur lokasinya.
  9. Semoga musibah ini dapat menjadi hikmah dan pelajaran untuk kita semua dan Pesantren tetap dapat berkhidmah sebaik-baiknya untuk para Santri penghafal Qur’an agar bisa mengantarkan cita-cita mereka sebagai Al Hafidz dan Al Hafidzah keluarga penghafal Al Qur’an.

Demikian informasi ini kami sampaikan, atas maklum dan perhatiannya kami ucapkan. Jazakumullah Khairan Katsiiran.

Wassalamu'alaikum Wr Wb


Bogor, 17 Februari 2022
Pesantren Tahfidz Al-Qur'an Mataqu




Imam Fauzian, SS
Direktur Pesantren

 

Catatan

Update donasi per 11 Maret 2022 : Rp. 98.156.500 (sembilan puluh delapan juta seratus lima puluh enam ribu lima ratus rupiah)

banner program dauroh al quran

banner dauroh al quran 40 hari kotak

Tentang Kami

 

Pesantren Tahfizh Al Quran MataQu adalah lembaga pendidikan Islam yang berkomitmen menghasilkan para penghafal Al Quran dengan menawarkan berbagai program unggulan, diantaranya Santri Al Quran serta Dauroh Al Quran 40 hari.

Selengkapnya...

banner dauroh al quran 40 hari kotak

Assalamu'alaikum Wr. Wb. Silahkan hubungi kami via Whatsapp atau kirimi kami pesan ke info@pesantrentahfidzmataqu.com

Hubungi via WhatsApp
Close and go back to page